Review Film The Jungle Book: Mowgli and the Red Flower

08.01 Ala Teh manis 2 Comments


Siapa di sini yang suka nonton videonya Pita? Nama chanel Youtube-nya "Pita'sLife". Dia adalah orang Indonesia yang menikah dengan orang Amerika dan menetap di sana. Entah mengapa, saya suka dengan gaya nge-vlog-nya. Pita tampil apa adanya,  membagi sebagian kisah hidupnya tentang suka duka menjadi ibu rumah tangga. Dua anaknya, Rachie dan Zach itu lho juga bikin saya betah nonton videonya. Mereka super lucuuu dan cute!

Saya menceritakan sedikit tentang vlogger ini karena dari si Pita lah saya mengetahui tentang Film The Jungle Book. Di dalam videonya dia suka bercerita tentang Baloo si pemalas dan Mowgly si anak hutan. Akhirnya, karena penasaran, saya cari deh filmnya. Ternyata benar, ini film memang keren banget!

Berlatarkan hutan belantara, serta hewan-hewan yang memang terlihat seperti hewan yang sebenarnya (bukan animasi maksudnya), Film ini menyuguhkan adegan-adegan yang begitu nyata.  Satu-satunya manusia di dalam film itu hanyalah si anak hutan (Mowgli). Dia ditemukan di dalam hutan oleh Bagheera si macan kumbang, yang kemudian menyerahkannya pada sekumpulan serigala. Mowgli sudah dianggap anak sendiri oleh Raksha, si induk srigala sekaligus istri Akela, pemimpin srigala yang bijaksana. Untuk melindungi dirinya, Mowgli harus terus berlatih hidup dengan cara serigala. Namun Mowgli tetaplah anak manusia yang bisa melakukan segalanya dengan akal pikiran, bukan dengan insting. 
Konflik muncul ketika Harimau yang jahat mengincar Mowgli untuk dibunuh. Dia memiliki dendam terhadap manusia. Manusia dianggap perusak hutan dan menyakiti hewan-hewan. Bunga merah (api) adalah alat manusia untuk membumi hanguskan hutan.  Ancaman Sheer Khan ini tidak hanya mengangancam keselamat Mowgli, tapi juga seluruh kelompok hewan yang membelanya.

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan semuanya adalah membawanya Mowgli pulang kembali ke kampung manusia. Mowgli menyetujui keputusan itu demi kebaikan bersama. Nah, dalam perjalanan menuju kampung manusia ini, Mowgli bertemu dengan para penghuni hutan lainnya. Mulai si ular piton hipnotis bernama Kaa, Si Raja Kera yang ingin menguasai dunia, sampai Baloo si Bear tua pemalas. Awalnya Baloo hanya ingin memanfaatkan anak kecil itu untuk mengambilkannya madu, namun lama-kelamaan ia menerima Mowgli sebagai anak manusia yang berbeda dari manusia lainnya. Baloo menjadi salah satu tokoh kesatria lucu yang nantinya menemani perjalanan Mowgli.

Puncaknya adalah ketika Mowgli mengetahui bahwa Akeela telah mati dibunuh oleh Sheer Khan. Ia marah dan kembali ke hutan. Ia mencoba melawan Sheer Khan seorang diri. Apakah anak sekecil itu sanggup menandingi Sheer Khan yang sangat kuat dan kejam?

Saya menilai film ini sangat keren, wajib banget buat ditonton bagi penggemar animasi. Hanya saja, ada yang saya sayangkan dari film ini. Mengapa tokoh antagonisnya Harimau? Padahal harimau kan hewan langka yang harus dilindungi. Kalau dia menjadi peran antagonis begitu, anak kecil kan jadi benci dan menganggap semua harimau jahat dan harus dibunuh. Mungkin karena film ini diadaptasi dari buku tahun 80an ya, jadi sudah tidak relevan dengan keadaan sekarang. Itu saja yang saya sayangkan. Selebihnya, keren maksimal!

Kalau kalian mau nonton streaming, bisa nih di tonton di sini: The Jungle Book

Selamat Menonton!

2 komentar: