4 Aplikasi Panduan Ibu Hamil di Android

12.59 Anis lotus 6 Comments

 

Yeay, dua garis! (sambil lompat-lompat, guling-guling, berpelukan, terharu bombay, dll)

Seharusnya begitu ekspresi pengantin baru yang tau kalau dia positif hamil. Pada kenyataannya, waktu tau hasilnya dua garis, saya malah bengong nggak percaya, "Jangan-jangan testpack-nya error". Makanya saya langsung minta mamas suamik untuk beliin lagi dua testpack dengan merk berbeda. Ternyata hasilnya tetap sama. Barulah kemudian saya ucapkan "Alhamdulillah" dengan hati yang masih agak kaget dan bingung.

Kaget karena nggak nyangka Allah akan memberikan kepercayaan pada kita secepat ini. Bingung karena engga tau harus ngapain (maklum kehamilan pertama). Tapi kita tetap bahagia dan mengucap syukur pada Allah SWT :) .

Setelah memastikan ke dokter bahwa saya benar-benar positif, mulailah saya mencari berbagai informasi tentang ibu hamil di internet. Maunya sih beli buku khusus panduan ibu hamil, tapi dipikir-pikir, jaman serba praktis seperti sekarang pastilah ada aplikasi panduan ibu hamil di smartphone. Setelah searching sana sini, berikut ini aplikasi yang direkomendasikan oleh berbagai situs:


1. Baby Bump (Ratting Play Store 4,5)


Aplikasi ini yang selalu muncul di beberapa artikel yang saya baca. Karena penasaran, akhirnya saya coba instal deh... Baby Bump ternyata memiliki feature yang cukup lengkap, selain info dan tips kehamilan, dalam aplikasi ini bumil juga bisa meng-upload foto diri di setiap usia kehamilan. Ada juga feature riwayat berat badan, jadi bumil bisa melihat, apakah berat badannya sudah bertambah sesuai ekspektasi yang seharusnya atau tidak. Sayangnya, dalam aplikasi ini tidak ada interpretasi dari chart riwayat berat badan tersebut, jadi membuat saya sedikit bingung.

Feature unik lainnya adalah kick counter dan contraction tracker. Sepertinya ini untuk yang sudah hamil tua. Kick counter itu mungkin untuk menghitung berapa kali si adek bayi menendang, sedangkan contraction tracker untuk melihat riwayat kontaksi.

Oya, ada lagi keunikan dari aplikasi ini, yaitu group sesama bumil. Kita bisa sharing info dan pengalaman, bahkan mencari inspirasi nama calon baby. Tapi berhubung emak-emak ini bukan orang indo, jadi kurang enak gitu ya ngobrolnya (bilang aja bahasa inggrisnya payah). Haha

2. Pregnancy+ ( Ratting Play Store 4,5)


Pregnancy+ memiliki versi gratis dan berbayar. Yang saya coba ini adalah versi gratisnya. Tampilan dari Pregnancy+ menurut saya sangat manis. Waktu pertama kali buka aplikasi ini kita akan disapa "Hello Anis... You are 6 weeks pregnant". Meski cuma sapaan sederhana, engga tau kenapa bikin hati bumil seneng. Haha.

Yang saya suka dari aplikasi ini adalah, dia menyediakan foto 2D sampai 3D bayi sesuai usia kehamilan. Ada videonya juga lho... Sama seperti baby bumb, Pregnancy+ juga memiliki kontrol berat badan, kick counter dan contraction tracking. Ada juga ide nama bayi yang dibagi sesuai dengan negara, tapi sayang Indonesia belum terdaftar.

Fitur unik lainnya adalah, to do list, jadwal ke dokter, ada link buat shoping peralatan baby sampai daftar nomor yang bisa ditelpon. Oya, Pregnancy mengibaratkan ukuran bayi setiap minggunya dengan cara yang unik. Misalkan, bayi enam minggu ukurannya 6 mm, berat 0,2 gr dan itu sama besar dengan biji beras. Kalau 7 minggu seperti bluebery, dst.

3. Buku Bumil (4,6)


Nah, kalau ini aplikasinya pakai bahasa Indonesia. Feature-nya lebih sederhana. Info dan tips kehamilannya lebih global, tidak spesifik seperti dua aplikasi sebelumnya yang membagi antara keadaan bayi dan ibunya. Fitur yang paling saya suka di sini adalah, tabel berat badan yg dihitung sesuai dengan BMI, jadi kita bisa tau berapa batas maksimal dan minimal berat badan bumil di setiap usia kehamilan.

Buku Bumil memiliki feature yang tidak dimiliki apkikasi lainnya, yaitu Quran dan musik. Quran berisi surat-surat yang biasa diamalkan saat hamil, sedangkan musik berisi menu lagu klasik yang dipergengarkan pada bayi yang ada di dalam kandungan.

4. Pregnancy Week By Week (4,8)


Saya suka aplikasi ini dari segi tampilannya yang nyaman di mata. Sama seperti Preegnancy+, Pregnancy Week By Week juga menyajikan informasi si baby dengan cara yang tidak membosankan. Kalau dalam aplikasi ini, baby umur 6 bulan besarnya sama dengan biji polme. Aplikasi ini menunya sederhana namun lengkap. Mulai dari informasi makanan yang harus dikonsumsi, gejala yang biasa dialami, sampai hal-hal yang harus dihindari ibu hamil. Ada juga link untuk belanja di amazon.

Empat aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya lebih memilih  Buku Bumil dan Pregnancy Week By Week untuk tetap tinggal di handphone karena saya suka dengan tampilannya yang sederhana. Untuk Buku Bumil, selain berbahasa Indonesia, feature yang saya butuhkan adalah pengontrol berat badan. Dengan menggunakan standar BMI, Buku Bumil memberitahu status berat badan kita, apakah ideal atau tidak. Sedangkan, untuk Pregnancy week by week, yang saya suka adalah informasinya yang mudah dipahami dan lengkap, mulai dari info si ibu dan si baby.

Untuk menentukan mana yang sebaiknya bumil instal, itu terserah masing-masing individu. Semu aplikasi yang saya sebut di atas InsyaAllah bisa memandu bumil agar tetap sehat hingga lahiran nanti. Semoga bermanfaat! :D


6 komentar:

  1. Duh, 2 tahun lalu pas hamil Kak Ghifa aku ke mana aja ya kok gak tahu aplikasi ini ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hamil berikutnya download mb.. haha

      Hapus
  2. Barakallah, nis. semoga kehamilannya lancar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinyarobalalamiin... Makasih ila 😊

      Hapus
  3. Waa semoga sehat-sehat ya kak :) banyak2 baca Quran semoga kelak anaknya cerdas aamiin :)
    salam dari never ending story : auliarisyda.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinyaroballamiin... Makasih sudah mampir aulia... Ditunggu kunjungan sy yaa. hehe

      Hapus