Menu sahur anti lapar - Sehat dan Simple

07.05 Anis lotus 0 Comments



Horee... Kita sudah memasuki hari ke-21 Ramadhan! Masih kuat kan puasanya? Jangan sampai kehabisan energi di tengah ibadah puasa ya, guys! Kalau sampai itu terjadi, mungkin kamu belum sahur ya? Atau kamu sahur, tapi makan makanan yang malah bikin perut kamu cepat lapar.

Loh, kok bisa? Bisa aja. Beberapa makanan bisa membuat tubuh cepat lapar. Misalnya kelebihan karbohidrat. Karbohidrat yang dimaksud di sini adalah karbohidrat sederhana seperti permen, makanan yang terbuat dari tepung putih seperti donat, kue, pizza, dan makanan lainnya yang mengandung gula. Karbohidrat sederhana ini mudah dicerna oleh tubuh, sehingga membuat kita merasa cepat lapar.
Selain karbohidrat sederhana, makan gorengan juga membuat tubuh kita lemah di siang hari. Kandungan lemak dalam gorengan membuat tubuh sulit mencerna dan membuat kita merasa haus.

Lalu, makanan apa yang seharusnya kita jadikan menu sahur? Makanan yang tinggi protein dan serat. Karbohidrat juga penting, namun usahakan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks, seperti beras merah, kentang, apel, pisang, dan lain-lain. Nasi putih juga termasuk karbohidrat kompleks, namun karena kandungan gulanya yang tinggi, kebanyakan nasi juga membuat kita cepat lapar.

Ada beberapa menu sahur yang pernah saya coba, dan dijamin anti lapar (buat saya sih). Mungin aja berlaku buat kamu. Okey, check this out!

1. Pisang dan Susu

Pisang mengandung banyak zat gizi, seperti karbohidrat, kalium, mineral, potasium, asam folat, dan lain sebagainya. Zat-zat tersebut menjadikan pisang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya karbohidrat sebagai pemberi energi. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Jangan lupa segelas susu untuk asupan protein. Dijamin, puasa kamu lancar jaya!

2. Cracker dan Susu

Awalnya saya makan cracker karena males sahur dengan menu yang berat (alesan bangun kesiangan). Waktu itu cuma ada cracker gandum dan susu, jadilah saya makan dan minum dengan menu ini. Saya kira siang nanti bakal cepet haus, karena dia sebangsa cemilan kering. Ternyata saya salah, cracker gandum plus susu berhasil membuat saya melewati hari tanpa rasa lapar sedikit pun. Mungkin karena cracer terbuat dari gandum yang mengandung banyak serat, serta susu yang mengandung protein, sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

3. Oat, Buah dan Susu

Nah, kalau menu sahur yang satu ini sengaja saya beli karena saya pikir "cracker saja bisa bikin puasa saya kuat, apa lagi oat?" akhirnya saya coba deh, sahur pakai oat dan susu. Kalau ada buah lebih enak, misal ditambah buah pisang, strobery, atau apel. Tambah madu juga mantap. Serat di dalam gandum serta protein dari susu, cukup banget untuk memenuhi kebutuhan energi kita seharian.

4. Pentol Bakso dan Susu

Pentol bakso ini sebenernya dikasih sama mertua. Haha. Pentolnya bikin sendiri, jadi enak dan sehat. Kandungan protein dari daging yang ada di pentol dan segelas susu, sangat cukup untuk membuat saya tetap aktif beraktifitas tanpa rasa lapar saat menjalankan ibadah puasa.

Nah, itu tadi menu sahur anti lapar ala saya. Meskipun penyajiannya simple, InsyaAllah tetap sehat dan bergizi. Cukup ampuh untuk beraktifitas selayaknya tak berpuasa. Monggo dicoba....

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa ya, Guys!

0 komentar: