Serba Serbi Kehamilan Trimester Pertama

07.48 Anis lotus 4 Comments


Dokumen Pribadi

Saat pertama kali tau kalau saya hamil, usia kandungan saya baru menginjak 6 minggu, dihitung dari hari pertama haid terakhir (hpht). Sebelum tau hamil, saya nyantai aja, tetap hiperaktif seperti biasa. Malah jalan kesana-kemari seperti nggak ada capeknya. Pulang kerja bukannya langsung pulang, malah keliling mall satu ke mall lainnya cari baju lebaran untuk orang tua dan mertua. Besoknya dilanjut pergi ke toko satu dan lainnya buat cari barang-barang yang nggak kebeli dihari kemarin. 

Eh, setelah tau kalau hamil, badan rasanya lemah banget. Maunya tidur terus (emang pada dasarnya suka mager) dan nggak pengen melakukan aktifitas apa pun. Ini yang namanya sugesti kali ya... Haha

Ngidam

Banyak yang bilang kalau kehamilan trimester pertama ini rewel-rewelnya bunda ya. Mulai dari morning sickness, susah makan, sampai ngidam ini dan itu... Sampai sekarang menginjak usia kehamilan 11 minggu, Alhamdulillah saya belum ngidam yang macem-macem.  Kalau ingin makan sesuatu sih ada, nggak aneh-aneh... Seperti mie ayam, bubur ayam, soto ayam. Yang bikin menyusahkan adalah, entah kenapa makanan yang nggak aneh itu jadi susah dicari saat saya kepengen. 

Contohnya mie ayam, waktu itu masih di Surabaya, biasanya warung mienya buka setiap malem. Eh, pas lagi pengen warungnya tutup, jadi kita keliling-keliling cari mie ayam sampe dapet (thanks buat Miss Lipstick yang udah nemenin. Haha). Bubur ayam juga gitu, waktu itu lagi di Jombang. Ya mana saya tau kalau ternyata di Jombang jarang orang yang jual bubur ayam. Jadilah suami keliling-keliling sampe siang cari bubur ayam. Hmm... Aneh.

Morning Sickness

Tentang morning sickness, ini baru saya alami di usia kehamilan 8 minggu. Setiap hari seperti orang mabuk laut. Pusing, mual sampai muntah sudah saya alami. Nafsu makan saya juga menurun, tapi masih bisa makan. Saya yang biasanya kaya tong sampah (semua dimakan) jadi pilih-pilih makanan. Ayam goreng dan telor yang biasanya dimakan hampir setiap hari jadi nggak mau. Maunya sama ikan laut atau sebangsa ikan tawar. Kemarin juga sempet nggak mau makan nasi, tapi ternyata kalau nasi bikinan orang mau. Haha. Saya nggak bisa masakin suami karena nggak tahan dengan bau bumbu dapur sebangsa bawang putih, bawang merah dan terasi.

Makanan yang dibutuhkan di Trimester Pertama 

Oh ya, menurut berbagai informasi, terutama dari aplikasi panduan ibu hamil yang saya instal, di trimester pertama ini kita butuh makanan yang kaya akan asam folat, kalsium, serat, protein, potasium dan zat besi. Dokter menyarankan agar saya ngemil sehat setiap dua jam sekali (meski pada akhirnya tiap waktu ngemil).

Saya nggak terlalu percaya dengan susu ibu hamil karena bentuknya bubuk, dan di dalam otak saya sudah ter-mindsite kalau susu bubuk itu makanan sampah. Jadinya saya berusaha untuk memenuhi zat-zat yang dibutuhkan dari makanan lainnya, misalkan untuk asam folat saya banyak makan buah alpukat, kalsium saya peroleh dari susu UHT, zat besi dari sayur hijau dan daging merah (entah mengapa saya jadi nggak begitu suka dengan daging merah, mungkin bawaan hamil), potasium dengan banyak makan pisang, dan lain sebagainya.

Banyak yang mengingatkan saya, bahwa kehamilan trimester pertama ini sangat rentan terjadi keguguran bila tidak benar-benar dijaga dengan baik. Karena takut ada apa-apa saya jadi jarang gerak. Tapi lama-lama ya nggak enak juga ini badan. Akhirnya saya coba cari video-video senam untuk ibu hamil trimester pertama. Banyak kok yang menyediakan panduan senam ibu hamil trimester pertama. Saya download sih, tapi sampai sekarang belum sempat dipraktekkan karena malas. Haha. Untungnya masih suka diajak jalan pagi sama suami.

Well, kayanya cukup sekian serba-serbi kehamilan trimester pertama yang saya alami. Setiap kehamilan beda-beda ya pengalamannya, mungkin kita bisa saling share pengalaman. Biar nambah ilmu! Oke deh, selamat menikmati kehamilan buat kalian yang lagi hamil juga! Sehat selalu ya kitaa... :D

4 komentar:

  1. Semoga sehat2 terus ya, lancar sampai persalinan.
    Btw aku dulu waktu hamil juga nggak bisa masak karena nggak tahan bau bawang, jadinya malah catering an pas hamil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinyarobalalamiin... Rata2 memang sensitif sama bau2an ya mba... :D

      Hapus
  2. wah selamat ya, smoga lancar sampai penghujung bulan aamiin. saya hamil anak pertama sama yang kedua ga kena MS, tapi bawaannya ngidam makanan yang ga biasa. makanan yang ga disukapun jadi suka. Minum aja mbak susunya, biar debaynya dapet nutrisi yang banyak, tapi saya juga ga terlalu minum susu hamil sih. lebih suka yogrt biar ga susah bab heheheh. Dari pengalaman saya pernah keguguran kemaren dinasehatin dokter yang penting jangan banyak pantangan, jangan kerja yang berat2, jangan capek mamanya, mamanya harus heppy. insha Allah debaynya sehat. selamat menikmati hari-hari indah bersama calon debay ya mbak, sehat selalu aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin mbaa... Bener mba, sy suka minun yogurt sm yakult soalnya susah bab.

      Makasih mb sharingnya. Saya memang sudah resign kerja, jd ga begitu kerja berat juga. Kegiatan sehari2 juga berkurang karena bawaannya pemgen tidur terus, mabok.. haha

      Hapus