2 Buah-buahan Yang Ampuh Mengatasi Sembelit

23.11 Anis lotus 2 Comments


Sumber Klik Gambar
Sembelit adalah salah satu penyakit yang paling saya takuti setelah radang tenggorokan. Kalau radang tenggorokan menyiksa karena  bikin susah makan (padahal pengen makan), sedangkan sembelit itu menyakitkan dan melelahkan. Saya kudu berlama-lama nongkrong di WC dan bolak balik berdiri dan duduk karena sakit akibat (maaf) tinja yang mengeras. Setelah berhasil dikeluarkan pun bikin pant*t nyut-nyutan. Lebih parah lagi kalau sampai merobek pembuluh darah di sekitar anus. Sembelit pertama kali saya alami waktu SMP dan itu yang terparah. Sembelit yang saya alami waktu itu sudah sampai menyebabkan wasir. 

Gejala wasir yang saya alami adalah keluarnya darah segar setelah buang air besar. Darah segarnya nggak Cuma keluar saat buang air besar, waktu mengedan buang air kecil dia juga tetap keluar. Syukurlah, sekarang sudah tidak pernah terjadi lagi hal menakutkan itu.

Saya sudah mengerti apa yang menyebabkan sembelit. Biasanya sembelit terjadi kalau saya kurang minum, kurang olahraga dan kurang makan serat. Karena sudah kapok kena sembelit berkali-kali, akhirnya saya memutuskan untuk merubah pola makan dengan rutin mengkonsumsi cukup serat dengan makan dua jenis buah berikut ini:

1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang ampuh banget mencegah sembelit. Setiap hari saya selalu makan pepaya. Kalau nggak ambil di depan rumah ya minta tetangga, kalau kehabisan pepaya masak di keduanya, ya beli. Sejak rutin makan pepaya saya hampir tidak pernah sembelit.
Ternyata papaya mengandung enzim papain yang sangat berguna bagi pencernaan. Enzim ini banyak digunakan oleh industri untuk pelunak daging, pemecah protein, pelembut kulit, pengurai sisa buangan industri, dll. Mungkin karena sifatnya sebagai pengurai, makanya enzim papain berguna untuk melancarkan pencernaan.
Kandungan lain dalam pepaya yang dapat melancarkan pencernaan adalah, tingginya kadar air dan serat pepaya. Hal ini membuat pepaya dapat diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh kita.

2. Jambu Biji 

Jambu biji yang saya bicarakan di sini adalah jambu biji merah. Saya memang hampir setiap hari mengkonsumsi jus jambu, tapi awalnya saya tidak tahu kalau jambu memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan. Saya meminumnya sebagai menu diet. Jus jambu yang mengenyangkan membuat saya tidak perlu lagi makan malam.
Serat alami dalam jambu biji bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu katanya serat jambu biji dapat melindungi membran mukosa usus. Kandungan akntioksidannya membantu membersihkan racun dalam tubuh. Cukup beralasan kalau jambu mampu membantu mencegah dan mengatasi sembelit.

Selain mengkonsumsi dua buah di atas, saya juga rutin minum susu fermentasi. Oh ya, makan makanan pedas juga membantu saya buang air besar dengan lancar. Haha . Terakhir, yang juga tidak kalah penting adalah olahraga. Yup, olahraga cukup ampuh menghindarkan saya dari siksa sembelit.
Itulah cara-cara saya mengatasi dan menghindari sembelit. Mungkin bisa bermanfaat untuk kalian yang juga  sering bermasalah dengan pencernaan. Keep health ya!

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

2 komentar:

  1. Masya Allah, terimakasih infonya kak..
    Alhamdulillah aisyah suka kedua buah itu.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Aisyah, kedua buah itu InsyaAllah banyak manfaatnya :D

      Hapus