Ini Penyebab Saya Jadi Cengeng Selama Hamil

18.42 Anis lotus 6 Comments

http://www.mommyish.com/cholestasis-of-pregnancy-complication/
Klik Sumber Gambar
Entah sudah berapa kali saya menangis karena hal yang nggak jelas. Otomatis suami kebingungan saat saya tiba-tiba menyendiri dan menangis sambil ditutup-tutupin bantal. Ditanya "kenapa?" malah tambah menjadi-jadi nangisnya... Akhirnya suami cuma bisa diem aja nungguin tangis saya reda sambil di elus-elus kepala ini kaya kucing. Haha

Saya bukan orang yang gampang menangis lho, dalam setahun bisa dihitung berapa kali menangis. Entah kenapa sejak hamil jadi lebih gampang mengeluarkan air mata. Kalau diingat-ingat lagi, sifat cengeng saya ini dimulai saat hamil muda sekitar umur 3-4 bulan kehamilan. Suatu malam saya menangis hanya gara-gara kasihan lihat suami saya yang pulang kerja dan muter-muter cari makanan untuk saya, tapi pas sampe rumah sayanya nggak mau makan. Waktu itu memang masa rewel-rewelnya, setiap hari berasa mabuk laut dan nggak mau makan. Nangisnya bukan cuma sekedar keluar air mata gitu, tapi sesenggukan kaya orang abis ditonjok.

Saya kira itu hanya efek yang akan terjadi waktu hamil muda, tapi ternyata saya salah. Sudah di penghujung trimester dua ini pun saya masih suka mewek nggak jelas. Waktu lalu saya menangis hanya gara-gara suami nggak mau tidur di kamar karena ingin nonton bola. Aneh banget ya? Hahaha. Saya aja tepok jidat kalau ingat apa penyebabnya. 

Semalam saya kembali nangis nggak jelas, cuma gara-gara membayangkan pisah seminggu sama suami yang katanya mau liburan kantor ke Jogja, sedangkan saya mau diungsikan ke rumah orang tua. Saya sendiri yang  minta untuk pulang selama seminggu, tapi akhirnya mewek sendiri nggak mau ditinggal. Hemmmhhhh. What's wrong with me???

Ternyata selain perubahan fisik, hamil itu bikin emosi labil. Sejak awal saya sudah tau siapa yang harus disalahkan... "PERUBAHAN HORMON".

Saya tanya dokter mana saja tentang masalah kehamilan, misalkan "Dok, kenapa sendi saya terasa kaku ya?", pada dokter yang lain saya bertanya "Kenapa telapak tangan dan kaki saya sakit ketika bangun tidur?", sekali lagi pada dokter yang berbeda saya bertanya "Dok, sepertinya saya keputihan, apa itu perlu diobati?" Semuanya bilang, "Oh, Nggak apa-apa, itu normal karena PERUBAHAN HORMON"

Jadi saya kira kali ini saya nggak perlu nanya lagi sama dokter kenapa saya jadi cengeng, semua karena PERUBAHAN HORMON. Meski sebenarnya banyak faktor yang bisa membuat ibu hamil jadi lebih mudah menangis dan sensitif, tapi saya lebih senang memilih alasan di atas.

Begitu pun dengan masalah lainnya, kalau saya berulah tinggal bilang aja sama suami "Perubahan Hormon beb..." (sambil nyemil). Case closed.

6 komentar:

  1. Waktu hamil, aku juga jadi super cengeng. Masalah dikit, udah berlinang air mata. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbaa... Ga jewelas bgt masalahnya moro2 mewek. Wkwk

      Hapus
  2. Kalau hamil emang jadi baperan bund. Tapi tergantung baby juga sih. 3 kali hamil kayanya yang paling baper hamil pertama. Soalnya hamil kedua dan ketiga suami udah tau caranya memperlakukan bumil biar gak gampang baper hehee. Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hamil pertama Bun, semoga aja sama kaya bunda, hamil berikutnya ga begitu baperan... haha

      Hapus
  3. Hahahaha, aku banget ini. Pas hamil dulu super duper mood naik turun kyk roller coaster :p. Tp parahnya, sampe udh lahiranpun, aku sempet babyblues, yg ga pengen megang si baby, dan lgs nangis lg pas mau nyusuin. Tp anehnya, semua ilang, pas aku balik masuk kantor. Itu happy banget, dan lupa yg kmrn2 sering nangis dan moody. Kayaknya sih memang krn stress krn kelamaan cuti. Smntara aku bisa dibilang gila kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin kesini semakin ilang moody nya mb, mungkin memang krn stress yaa... Haha. Semoga segera kembali normal abis lahiran 😁

      Hapus