Keseruan 4 Wahana di Jawa Timur Park 3

06.54 Anis Lotus 14 Comments

Jatim Park 3

Mumpung long weekend, hari sabtu kemarin tanggal 2 Desember, saya dan suami menyempatkan diri untuk mengunjungi Jawa Timur (Jatim) Park 3. Rencananya kami akan ke sana tepat tanggal 1 Desember, namun ternyata cuaca di hari Jum'at itu tidak mendukung. Sejak pagi sampai malam hujan turun. Alhamdulillah hari Sabtu cuaca cerah ceria, bikin kita semangat berpetualang seharian di Jatim Park 3.

Jatim Park 3 buka mulai pukul 11.00-22.00 WIB. Jarak rumah dengan Jatim Park 3 hanya sekitar 15 menit perjalanan, jadi kita agak nyantai berangkat selepas shalat duhur. Kita naik motor, jadi gampang nyelip-nyelip, karena long weekend udah pasti jalan menuju Batu padat merayap.

Sampai di lokasi, kita lihat di bagian depan setelah pintu masuk ada penyewaan e-bike. Tapi e-bike-nya sudah ludes, tinggal satu unit saja yang tersisa. Berhubung kita belum kenal lokasi, jadi kita pikir nggak usah lah sewa begituan, jalan lebih enak.

Untuk masuk ke wahana yang ada, kita harus beli tiket dulu di loket. Ada empat wahana yang sudah di buka, dan saat ini masih harga perkenalan. Berikut ini wahana dan harga tiket masuknya:

1. Dino Park : Rp 100.000
2. Galeri Musik Dunia : Rp 50.000
3. Funtech Plaza / 2 Jam : Rp 30.000
4. Infinite World : Rp 30.000

Dino Park


Dino Park, Jatim Park 3

Ini adalah wahana pertama yang kita kunjungi. Kalau lihat foto-foto dan video yang sudah banyak beredar di internet sepertinya keren. Pada kenyataannya memang keren... tapi sepertinya kurang cocok kalau hanya orang dewasa saja yang ke sana. Beda lagi kalau kamu sudah dewasa tapi memiliki ketertarikan lebih terhadap sejarah dinosaurus. Kalau saya dan suami berpendapat, lebih tepat kalau kita mengajak anak-anak ke sana. Pasti mereka akan suka dan banyak belajar.

Dino Park Jatim Park 3

Dino Park adalah wahana yang paling luas yang ada di Jatim Park 3. Pertama kali masuk kita akan bertemu dengan kerangka-kerangka dinosaurus yang besar. Konsep bagian ini seperti musium. Terdapat keterangan di setiap kerangka yang dipajang. Dinding ruangan juga dipenuhi dengan gambar-gambar dinosaurus beserta namanya.

Nonton video dino sebelum kereta berangkat

Lebih jauh masuk, kita akan disuguhi replika dino yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Dino-dino yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara ini tidak hanya ada di dalam ruangan, tapi kita akan menemuinya di sepanjang perjalanan saat menjelajahi wahana Dino Park.

Konsep ini mengingatkan saya pada acara reality show korea, judulnya "The Return of Superman". Pada episode terakhir si kembar tiga Daehan, Minguk, Manseh dan ayahnya mengunjungi taman dino yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Persis seperti yang ada di Dino Park ini. Nggak nyangka saya bisa menemuinya di Indonesia, nggak usah jauh-jauh ke Korea sana.
Menjalajahi 5 Zaman dengan Kereta Selama 10 Menit

Setelah musium Dino, kita masuk antrian untuk naik kereta yang akan membawa kita ke lima zaman kehidupan dinosaurus. Antrian ini sangat panjang dan melelahkan. Maklum, long weekend dan belum semua fasilitas dibuka untuk mempercepat pelayanan.

Setelah menunggu satu jam lebih, akhirnya kita naik kereta juga. Sebelum kereta berangkat, kita lebih dulu disuguhi tontonan yang berisi penjelasan tentang kehidupan Dinosaurus. Kemudian ketika tirai dibuka, kereta akan membawa kita ke Zaman yang pertama yaitu Zaman Permian, Kemudian Zaman Triazzic, Zaman Jurassic, Zaman Cretaceuous dan yang terakhir adalah Zaman Ice Age. Saya tidak bisa menjelaskan satu per satu yak, ke sana saja biar dijelaskan sama guide-nya. Hehe
telur masuk telur
Dino Park, Ice Age, Jatim Park 3
Selesai menjelajahi lima zaman kehidupan dinosaurus, saatnya kita melanjutkan perjalanan! Masih banyak tempat yang harus dikunjungi, antara lain The Rimba, Aquarium 3D, Ice Age, dan lain sebagainya.
Keterangan Replika Dino Berbahasa Inggris
Menurut saya Dino Park adalah wahana yang sangat edukatif. Sayangnya ada satu hal yang menurut saya kurang pas, mengapa keterangan yang ada di setiap replika Dino Park berbahasa Inggris? Kalau pakai bahasa Indonesia kan jadi lebih mudah dipahami oleh pengunjung yang tidak semuanya mengerti bahasa Inggris. Atau kalau memang wahana ini dirancang untuk go international, lebih baik kalau diberi terjemahan bahasa Indonesianya agar pengunjung tidak malas membaca dan tidak hanya sekedar jalan-jalan saja tanpa mendapatkan ilmu pengetahuan.
Spot Foto Lain di Dino Park

Galeri Musik Dunia

Klik Sumber Gambar (http://ilovemalang.net)
Saya tidak masuk wahana ini, karena suami kurang begitu berminat. Yang pasti, di dalam galeri ini terdapat berbagai macam alat musik dari berbagai belahan dunia. Buat yang suka musik, wajib main ke wahana ini.

Funtech Plaza


Funtech Plaza, Jatim Park 3
Wahana ini adalah tempatnya anak muda yang energic. Terdapat berbagai macam permainan dengan teknologi canggih di dalamnya. Permainan yang disuguhkan kebanyakan olahraga, misalnya main tenis dengan komputer, main sepeda, dan lain sebagainya. Karena sepertinya kegiatan di dalamnya tidak cocok untuk saya yang lagi punya perut buncit, akhirnya kita memutuskan untuk melewatkan wahana yang satu ini.

Infinite World

Salah satu ruangan di infinite world, Jatim Park 3 (Maafkan kegendutan saya)

Invinite artinya tak terbatas, jadi invinte world artinya dunia tak terbatas. Pertama kali masuk ke dalam invinite world kita akan kebingungan, seperti kehilangan arah dan tak tau harus ke mana. Banyak ruangan di dalam invinite world, dan semua ruangan menyuguhkan sensasi yang berbeda, tapi sama-sama membingungkan.

Salah satu penghubung ruang di invinite world, Jatim Park 3

Ruangan favorit saya adalah, ruangan gelap dengan garis-garis sinar. Itu beneran berasa buta banget ada di dalamnya. Haha. Satu lagi, ruangan full kaca tanpa aksesoris apa pun, yang bikin kita ngetok-ngetok semua dinding kaca buat cari pintu keluar. Ruangan paling seru adalah ruang cahaya sensor suara. Jadi, ruangan ini gelap banget, kita harus teriak-teriak agar cahayanya menyala dan menemukan jalan keluar.

Bola cahaya, Invinite World, Jatim Park 3

Pokoknya invinite world ini wahana yang seru banget, kamu harus coba!

Kita main dari habis duhur sampai jam setengah lima sore. Badan rasanya pegel semua, efek jalan jauh di Dino Park. Lain kali mending sewa e-bike buat kita-kita yang sudah mulai menua... :D

Semoga bermanfaat ya cerita saya ini. Yang mau main ke sini buruan, mumpung masih harga perkenalan. hihi

14 komentar:

  1. Mbaaa makasih tulisannya.. aku mau ke Malang lagi thn depan. Aduh Jatim Park iniiii �� klo bawa anak2 extra capeknya nih ya tapi pasti happy merekaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan nanti kalau ke sana naik e-bike aja mbaa. Capek banget kalo jalan sama anak-anak, luas banget soalnya. Beneran mereka bakal happy banget lihat dino2 yang bergerak kaya hidup... tahun depan mungkin fasilitasnya udah lebih lengkap. Selamat berlibur :)

      Hapus
  2. Puas mba main disni... Aku dulu waktu kerja aja tiap Minggu kesananya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jatim park 1 sama 2 syalah belum ksana mbaa.. haha. Ga sempet waktunya. Baru jd IRT ini sempet halan halan 😁

      Hapus
  3. Penasaran sama koleksi alat-alat musik yang ada, menarik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuss masukin list, jatim park 3 untuk liburan kali ini :)

      Hapus
  4. Dino park kayanya seru banget.. apalagi buat anak2 kecil, mereka pasti suka tuh..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, cocok banget kalo bawa anak kecil ke sini :D

      Hapus
  5. Jatim Park makin oke yaaa, yang ketiga ini apa lagi. Semoga kalau pas ke Malang bisa mampir ke sana TFS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa... main ke sini ajak anak-anaknya :)

      Hapus
  6. kebetulan akhir tahun ini akan kami habiskan di Jawa Timur mendapatkan blog ini menyajikan 4 destinasi wisata yang murah meriah, sepertinya ke empatnya bakalan tak sambangi deh...haturnuhun yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Mang Lembuu... selamat liburan yaaa :D

      Hapus
  7. Mbak itu promonya sampai kapan ya? Rencana akhir tahun ini mau bawa anak-anak ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau harga perkenalan saya kurang tau mb sampai kapaan... sepertinya desember ini masih perkenalan, karena masih dalam pengembangan juga. Selamat liburaan :D

      Hapus