Kopi Kapal Api, Senikmat Kopi Sangrai Buatan Emak

16.26 Anis Lotus 18 Comments


Kopi adalah minuman favorit orang-orang di seluruh dunia. Bukan hanya karena nilai ekonomisnya, tapi karena kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Minum secangkir kopi setiap hari mampu memberikan semangat untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Menurut penelitian, seseorang yang rutin minum kopi memiliki kemungkinan terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, liver, diabetes, hingga penyakit psikis seperti depresi. Manfaat lainnya yang akan didapat seseorang yang rajin minum kopi adalah dapat terhindar dari risiko penyakit kanker karena kekebalan tubuh meningkat. Tentunya beberapa manfaat tersebut bisa didapatkan dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan ya... Kopi lebih baik di minum tidak dengan campuran apa pun, seperti pemanis buatan atau susu. 

Kopi Sangrai Buatan Emak

Well, berbicara tentang kopi Apakah kalian pernah mendengar tentang kopi Bondowoso? Yup, kopi Arabika dan Robusta dari Bondowoso adalah salah satu kopi terbaik di Indonesia bahkan di dunia. Sebagai tempat penghasil kopi terbaik, tak mengherankan jika sebagaian besar masyarakat Bondowoso adalah penggemar kopi. 

Kopi akan selalu ada di setiap pertemuan atau jamuan. Seperti di keluarga saya, selalu sedia kopi meski tak ada satu pun anggota keluarga yang menggilai kopi. Hal itu karena tradisi di Bondowoso, tak lengkap bila tamu laki-laki dewasa yang datang ke rumah tidak disuguhi kopi.

Bondowoso adalah kota dimana saya dilahirkan. Sejak kecil saya sudah terbiasa mencium aroma kopi. Sebagian keluarga besar saya, baik dari Ayah maupun Ibu adalah penggemar kopi, terutama kakek dan nenek saya. Setiap pagi kopi selalu tersedia untuk mengawali hari.

Keluarga saya tidak pernah sembarangan membeli kopi, apalagi kopi kemasaan yang dijual di toko. Kopi kemasan yang tidak disangrai dengan tangan sendiri dianggap bukan kopi asli. Kopi yang selalu tersedia di rumah terbuat dari biji kopi asli yang disangrai oleh Emak saya, salah satu tetangga dan pengasuh saya sejak kecil. Kopi buatan emak sangat harum, tak heran jika banyak yang menggemarinya. Bahkan saudara-saudara saya yang dari luar kota selalu membawa kopi sangrai asli buatan emak sebagai oleh-oleh.

Kopi Kapal Api, Senikmat Kopi Sangrai Buatan Emak

Saat ini saya tidak lagi tinggal di Bondowoso, sehingga tidak setiap hari bisa beli kopi sangrai buatan Emak. Bukan untuk saya, tapi untuk suami saya. Kebetulan suami saya adalah penggila kopi. Setiap hari harus selalu sedia secangkir kopi untuk menemani paginya. Suami saya biasa beli kopi di warung kopi, tapi saat pertama kali mencoba kopi sangrai buatan Emak, dia langsung jatuh cinta. Katanya kopinya harum dan beda dengan kopi yang biasa ia beli.

Oleh karena itulah saya memiliki persediaan kopi bubuk sangrai buatan Emak di rumah. Namun, sudah beberapa bulan ini saya tidak pulang kampung karena hamil. Maklum kehamilan pertama, dan jarak Bondowoso Malang lumayan jauh, jadi harus lebih berhati-hati.

Kebetulan kami memiliki persediaan beberapa sachet kopi susu di rumah. Jadi setiap pagi saya membuatkan kopi tersebut untuk suami. Sebenarnya saya masih punya satu bungkus besar Kopi Kapal Api 380gr, bingkisan dari kantor suami. Awalnya saya tidak berani membukanya dan berniat mau memberikan kopi itu pada orang lain. Kalau sudah dibuka dan ternyata tidak dikonsumsi kan sayang. Jadi terpaksa saya memilih kopi bubuk kemasan sachet, sembari menunggu kopi asli dari Bondowoso. Kebetulan kopi bubuk kemasan sachet yang saya punya tidak ada yang mereknya Kapal Api.

Hingga suatu pagi, saya benar-benar kehabisan kopi bubuk kemasan sachet. Akhirnya dengan terpaksa saya buka satu-satunya persediaan kopi kami, yaitu Kopi Kapal Api. Pertama kali membuka bungkusnya, aroma bubuk kopi terasa sekali. Saya agak kaget, karena wanginya tak berbeda dengan kopi bubuk buatan Emak. Begitu juga waktu di seduh dengan air mendidih, wanginya enak banget.
Pagi pagi minum Kopi Kapal Api, jelas lebih enak!

Suami saya bilang, kopi pagi itu sama nikmatnya dengan kopi asli buatan Emak, dan tentunya jelas lebih enak dari kopi merek lain yang saya buatkan sebelumnya. Sejak itu, setiap pagi saya selalu membuatkan Kopi Kapal Api untuk suami, tidak pakai kopi merek lain. Alhamdulillah, tak perlu jauh-jauh ke Bondowoso kalau kehabisan kopi bubuk asli buatan Emak.

Saking nikmatnya Kopi Kapal Api, kita sampai menolak dibawain kopi buatan Emak dengan alasan "masih ada persediaan kopi di rumah, dan sama nikmatnya...".

Oya, Kopi Kapal Api memiliki berbagai varian rasa lho! Iseng saya beli salah satu varian produk selain yang kopi bubuk hitam, yaitu Kopi Kapal Api Grande White Coffee. Ternyata nagih banget... Sekarang hampir setiap pagi saya dan suami minum kopi kapal api dengan varian produk favorit masing-masing.

Itu cerita saya dengan Kopi Kapal Api, kalau kamu?

#KapalApiPunyaCerita

18 komentar:

  1. Legenda banget ya kapal api... Bapakku dulu kalau ngopi ya kapal api....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legenda bgt... Dr kecil iklannya sama. Kopi kapal api jelas lebih enak 😁

      Hapus
  2. Kalo wanginya aku akui, kapal api juara deh.. Tiap pagi babysitterku pasti slalu bikin kopi ini sblm dia mulai jaga anak2. Makanya aku slalu beli stok kapal api tiap blnja bulanan. Aku sndiri sih suka kopi mba, tp blm bisa kalo minum kopi hitam tanpa campuran.. Blm sanggub ketelan :p. Jd pasti hrs pake susu dan gula :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, wanginya itu persis sm kopi sangrai yg dibikin di kampung halaman sy... Sy juga bukan penyuka kopi, baru2 ini sy suka kopi white grande yg pake coklat di atasnya. Ternyata enak 😁

      Hapus
  3. wah artinya kopi kapal api enak ya, karena saya bukan penggemar kopi jadi kurang tahu mana yang enak mana yang gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy juga bukan penyuka kopi mb, suami saya yg suka. Makanya kalo kata dia enak ya enak berarti. Haha... Saya suka cium wanginya saja. 😁

      Hapus
  4. Saya juga sangat suka dengan kopi, sehari tanpa kopi bagaikan gak makan nasi, hehe
    Kopi Kapal Api Jelas lebih Enak!!!

    Facebook & Instagram Marketing

    BalasHapus
  5. Hai Anis, salam kenal, namanya mirip hihihi. Iya nih saya jg paling suka minum kopi Kapal Api. Aromanya aja uda menggugah selera

    BalasHapus
    Balasan
    1. holaa salam kenal juga mb annisa :D, bener mb aromanya emang enak... kalau saya ketagihan yang white coffe grande :D

      Hapus
  6. Meskipun bukan penikmat kopi, tapi kalau ditanya soal merk kopi yang paling terkenal ya pasti kujawab Kapal Api. Hehehe..ntah kenapa kopi selalu identiknya sama Kapal Api. Kayak air mineral ya identiknya Aqua. Ya kayak gitu-gitulah hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw... iya bener. awalnya saya juga bukan penikmat kopi, tapi sepertinya bakal jadi penikmat kopi meski bukan kopi hitam. :D

      Hapus
  7. Kopi kapal api emang khas. Aku malah lebih suka beli yang kemasan kecil. Sebungkus cuma buat secangkir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, banyak yg bilang kemasan kecilnya pas takarannya... Kalo udah abis yg gede mau coba yg kecil ah :)

      Hapus
  8. Kopi kapal api khas banget mbak, dari baunya saja sudah kebayang rasanya. Baunya kopi banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener mas... Kopi aselii 😊

      Hapus
  9. Duh... kopi emang yaaa....
    Kalau aku pas dulu masih mencandu kopi, ya fanatik kapal api ini. Justru baru pas tinggal di Bondowoso baru tahu Bondowoso juga punya kopi enak.
    Salam kenal juga ya Mbak. Tks sudah mampir ke blogku.Mampir2lah kalau pas ke Bondowoso. Aku di Vila Kembang Asri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mb! InsyaAllah ntr kopdar yak.. hehe. Ini baru aja pulang liburan dr bws...

      Hapus
  10. Belum mbandingin sama yg lain sih, selama ini pake kopi instan. Yg di warung2, kopinya kapal api semua, jadi belinya itu deh. Salam kopi mbak ��

    BalasHapus