Ngaku Cinta NKRI? Rupiahmu ada di Level Ini Nggak? #CINTARUPIAH

15.34 Anis lotus 11 Comments

Sumber Gambar: http://www.rri.co.id

Rupiah adalah alat tukar yang dipakai oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan Rupiah tentu sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan hajat hidup masyarakat Indonesia. Sekecil-kecilnya nilai Rupiah, bila masih bisa ditukarkan dengan barang, akan menjadi sangat bearti. Namun demikian, meski kita tau tidak dapat hidup tanpa Rupiah di Indonesia, apakah ada cinta untuk Rupiah di hati kita?

Rupiah tidak hanya sekedar alat tukar, namun juga simbol kedaulatan negara. Setiap lembar Rupiah memiliki makna yang dalam dan melambangkan identitas bangsa Indonesia. Bila kita perhatikan, di setiap uang kertas akan kita temukan gambar pahlawan nasional sebagai bentuk perjuangan Indonesia mendapatkan kemerdekaan, tari nusantara, dan pemandangan alam Indonesia sebagai wujud kecintaan budaya dan karakteristik bangsa Indonesia. 

Oleh karena Rupiah merupakan kedaulatan Bangsa Indonesia, maka kita berkewajiban menjaga keaslian dan keutuhan mata uang rupiah dari kerusakan. Cara menjaga keaslian dan keutuhan Rupiah adalah tidak membuat uang sobek, tidak dicoret-coret, tidak dilipat dan tidak dibasahi. Dengan menghindari kerusakan rupiah, sesungguhnya kita telah menjaga keaslian dan keutuhan mata uang rupiah.

Cinta Indonesia adalah dengan menjaga keutuhan dan kedaulatannya. Cinta NKRI berarti juga cinta rupiah. Nah, sekarang keluarkan Rupiahmu, buktikan seberapa besar cintamu pada Indonesia dengan mengetahui sampai dimana kamu menjaga level keutuhan Rupiahmu!

Pemerintah melakukan peningkatan standar kelusuhan uang sepanjang tahunnya. Mulai dari level 6 pada 2014 menjadi level 7 pada Januari 2015 dan level 8 pada Juli 2015 dan seterusnya. Peningkatan standar ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan standar uang yang semakin baik.

Saat ini uang yang masih bisa dipegang oleh masyarakat merupakan uang dengan kelayakan di level 8 dengan ciri sebagai berikut:

Uang Kertas Masih Bersih, Licin, Tak Ada Coretan

Sumber Gambar: http://www.wajibbaca.com
Uang kamu masih bersih dari coretan nggak? Apa kamu masih tega menulis nomor HP saat nggak bawa kertas? Saya harap uang kertas kamu masih bersih ya dari coretan, jangan sampai kaya gambar di atas tuh... Tega banget, masa gambar pahlawan kita digituin. Terima kah kamu bila kedaulatan bangsa dipermainkan?

So, mulai sekarang kita harus lebih menghargai mata uang rupiah ya. Yang ngaku cinta Indonesia, nggak mungkin tega mempermainkan kedaulatan bangsa. Ingat, uang kertas yang kita pegang punya makna dan menggambarkan identitas bangsa. Bagaimana orang lain akan menghargai NKRI kalau kita sendiri sebagai bangsanya mempermainkan kedaulatannya.

Tidak Robek 



Sumber Gambar: https://uangindonesia.com

Pada level 8, uang rupiah harus utuh dan tidak robek. Mungkin ada yang tidak sengaja merobeknya, tapi ada juga yang sengaja merobek uang. Seberapa pun kecilnya nilai uang, jangan sampai kita menyepelekannya. Ingat, uang sebangai lambang kedaulatan negara harus kita hargai.

Melipat uang juga bisa membuatnya menjadi rusak dan lama-kelamaan robek. Jadi jangan melipat, meremas atau pun menyeteplesnya. Nah, bicara tentang  melipat uang, kalau melipat-lipat uang untuk seserahan itu bagaimana menurutmu, guys?

Tidak Cacat Dalam Bentuk Apapun
Sumber Gambar: https://kupastuntas.co
Mungkin gambar di atas terjadi atas ketidak sengajaan ya guys, jangan sampai kita dengan sengaja membakar uang untuk mainan. Apa lagi uang Rp 50.000,00 bukan jumlah yang sedikit.

Selain cacat karena terbakar, ada juga uang yang sengaja di celupkan ke dalam air agar tidak gampang terbang. Hmm... apa itu masuk akal? Sebelumnya saya tidak percaya ada yang melakukan ini, padahal saya merasa sangat sayang kalau ada uang kertas yang tertinggal di saku celana terus kena cuci. Lah, ini malah sengaja di basahin agar tidak mudah terbang katanya....

Membasahi uang dapat merusak keutuhan mata uang rupiah! jadi mulai sekarang sebagai warga negara yang ngaku cinta NKRI, hargailah mata uang rupiah. Siapa lagi yang bisa memperlakukan rupiah dengan begitu istimewa selain kita? Siapa lagi yang memahami makna mata uang rupiah yang begitu dalam selain kita, masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa untuk tetap menjaga keaslian dan keutuhan mata uang rupiah, ada 5 JANGAN yang seharusya tidak kita lakukan:

1. Jangan dilipat
2. Jangan diremas
3. Jangan dicoret
4. Jangan distapler
5. Jangan dibasahi

So, Ngaku cinta NKRI? Rupiahmu masih memenuhi standar kelayakan di level 8 nggak? 

11 komentar:

  1. mulai sejak dini kita ajarkan ke anak2 untuk mencintai rupiah, bukan dollar mbak, hehehe

    tau ga, BI sudah kerja sama lho dengan bank sentral malaysia dan thailand untuk setiap perdagangan internasional bisa menggunakan rupiah, ringgit dan bath, yang sebelumnya menggunakan dollar.

    sekarang pemerintah mulai berbenah dengan mata uang Rupiah sendiri, maka dari itu kita juga dari level terkecil cintalah kepada Rupiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener... Cinta rupiah harusnya sudah kita ajarkan sejak dini 😊... Semangat cinta rupiah, jangan dilecek2 lagi rupiahnya.. wkwk

      Hapus
  2. Saya dong pencinta rupiah sejati hehe. Ga mau stapler atau menulisi kertas, paling sebal kalau ada yang gitu. Semoga kurs bisa terus naik dibanding mata uang lain. Tapi gimana pun ya tetap cinta rupiah, cinta Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep mas 😁... Iyaa semoga rupiah terus menguat. Bangga bertransaksi dg rupiah bs mewujudkan itu...

      Hapus
  3. jangan merobek uang dan membelanjakan seperlunya itu cara mencintai rupiah. Lalu ya simpan di bank nasional dalam bentuk rupiah. ah cintah banget deh sama rupiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membelanjakan banyak2 untuk mendukung usaha asli indonesia bs bikin rupiah menguat... Jd gpp belanja banyak2 pake rupiah ( kalo ada duit) hihi

      Hapus
  4. Gak pernah coret2 tapi sering dpt uang yg udh dicoret2 :( ... Sering juga dpt uang yg udah robek terus disolatip :( ,, dpt honor di kantor trs uangnya disteples :(

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmhh... Iyaa itu yg menyebalkann.. huh

      Hapus
  5. Dija pernah dapat kembalian uang rupiah yang di stapler
    kasihan sekali uangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... banyak banget yg stapler uang, apalagi di pasar :(

      Hapus
  6. Duh, sedih bgt liat foto nasib uang di atas...

    BalasHapus