Cara Praktis Membuat Kolak Kacang Hijau

08.49 Anis lotus 6 Comments


Halo ibuk ibuuuk! Gimana puasanya? Semoga lancar yaa... di hari-hari pertama Ramadhan ini sayangnya saya belum bisa puasa karena tamu bulanan. Ada untungnya juga sih sebenarnya, paling tidak suami jadi bisa merasakan buka dan sahur dengan masakan yang masih normal rasanya. Kalau saya juga puasa, takutnya masakan yang penuh kira-kira itu bikin orang jadi nggak nafsu makan. Nggak puasa aja dicoba sampai bersendok-sendok (hampir semangkok kali) untuk mendapatkan rasa yang pas. Haha

Eh, tapi tenang aja. Kalau resep kolak kacang ijo ini nggak perlu mengikuti selera saya. Saya cuma share bahan dan cara membuat kacang hijau yang praktis, sesuai dengan ibu-ibu jaman now yang cuma punya waktu sebentar untuk masak. Nggak perlu marut kelapa, nggak perlu rendam kacang hijau semalaman juga, tapi kalau mau direndam juga nggak apa-apa sih. Kalau saya nggak mau ribet soalnya.

yuk langsung aja disimak!

Bahan:

250 gr kacang hijau (biasanya kalau beli di toko sudah bungkusan 1/4 kg atau 250gr, jadi nggak perlu nimbang lagi)
1 bungkus santan kara (kalau mau 2 bungkus juga silahkan, sesuai selera saja)
1,5 liter air (atau kira-kira saja, sesuaikan dengan keinginan)
1 sdt garam
2 lembar daun pandan (bila tidak ada daun pandan bisa diganti dengan 1 sdt fanili, bila tidak ada juga nggak usah pakai juga nggak apa-apa)
1 ruas jahe digeprek
gula merah secukupnya (kalau saya pakai setengah sampai satu gula merah yang bentuknya seperti rumah teletubies)
gula pasir secukupnya (ini opsional kalau kurang manis, bisa ditambah)

Cara:

Cuci kacang hijau sampai bersih, sampai tidak ada kotoran yang mengambang. beri air sampai setinggi satu ruas jari atau lebih. Didihkan sampai air asat. Tambah air bila kacang hijau belum masak. Tanda kacang hijau masak adalah bijinya kelihatan pecah-pecah.

Setelah masak, tambahkan air sebanyak 1,5 liter, atau sesuai selera. Masukkan daun pandan dan jahe, lalu tunggu sampai air mendidih.

Masukkan gula merah dan garam, aduk hingga merata. Lalu masukkan santan Kara, aduk lagi hingga merata.

Cicipi untuk memastikan rasa. Bila kurang manis bisa ditambahkan gula pasir hingga pas rasanya. (kalau saya pakai sekitar 5 sendok makan atau lebih gula pasir)

Walaaa.... Kolak kacang hijau siap di hidangkan! Kalau ada ubi atau nangka di rumah, bisa ditambahkan agar isinya lebih beragam dan warnanya jadi cantik. 

Selamat mencoba ya ibuk ibuuuk! Semoga lancar puasanya. Amin :D

6 komentar:

  1. Jadi pen buka puasa pake kolak kacang hijau nanti, minta buatin istri ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan diberdayakan istrinya mas… Wkwk

      Hapus
  2. Karena belum punya istri, minta buatin sama ibu-ibu yang jualan aja, itu kalau ada, kalau nggak ada harap bersabar, ini ujian hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak ada, segera cari istri.haha

      Hapus