3 Tahapan Menemukan Tema Blog Favorit

22.38 Anis Lotus 0 Comments


Tema blog menjadi salah satu hal yang penting saat kita akan membangun sebuah blog. Apalagi saat ini blog tidak hanya digunakan sebagai wadah curcolan belaka, tapi juga bisa menghasilkan cring-cring lewat konten yang diposting. 

Awal bikin blog dulu saya bingung mau bikin blog dengan tema apa, tapi karena dari awal memang niat bikin blog untuk melepas stress saja, jadilah isinya campur aduk. Blog ini juga isinya campur aduk sih, tapi masih lumayan lah, diatur dengan label. Tujuan membuat blog ini juga hanya sekedar berbagi, siapa tau tulisan yang berisi cerita pengalaman saya bisa bermanfaat bagi orang lain. Selain blog ini, saya punya blog khusus tentang craft atau hal-hal yang berbau handmade yaitu www.craftlotus.id. Isinya tentang hobi saya yaitu crochet atau yang lebih dikenal dengan merajut/merenda.

Nah, untuk teman-teman yang masih bingung dalam menentukan tema blognya, mungkin sedikit tips dari saya berikut ini bisa berguna.

Mulai Saja Dulu

Untuk membangun sebuah blog, yang terpenting adalah memulai membuat blognya dan mulai menulis. Jangan pedulikan tentang tema bila masih galau. Jangan sampai persoalan tema membuat kita tidak memulai dan akhirnya menjadi malas untuk melaksanakan niat nge-blog. Bila sudah memulai, tentunya kita akan banyak belajar tentang dunia tulis-menulis di blog, bagaimana cara mengatur waktu untuk menulis, hingga menemukan tema tulisan apa yang paling kita kuasai dan ingin kita bagi dengan orang lain.

Sesuaikan dengan Passion

Tentunya hal yang sudah kita kuasai akan lebih mudah untuk dikerjakan daripada yang tidak. Menulis dengan tema yang kita ketahui juga akan meminimalisir kesalahan informasi kepada pembaca. Proses menulis juga akan lebih menyenangkan daripada menulis sesuatu yang bukan passion kita, rawan stress berat dan akhirnya berhenti menulis.

Kalau bisa, buatlah tulisan yang khas, yang membuat orang lain merasakan suasana berbeda saat mampir ke blogmu. Contoh saja Raditya Dika pada jaman dia masing ngeblog. Tulisannya yang khas dan kocak tentang keseharian membawanya menjadi seorang penulis terkenal.

Tentukan tujuan menulis

Kalau sudah sampai pada tahap menemukan topik yang paling kamu kuasai, mulailah berpikir untuk meluruskan arah dan tujuanmu menulis di blog. Yup, terkadang tujuan menulis yang muncul di awal bisa saja hanya suatu ketidakjelasan, atau sesuatu yang diburu nafsu belaka. Setelah mengetahui passionmu, mulailah berpikir untuk memberikan manfaat dari tulisanmu kepada orang lain.

Jadi, itu adalah tahapan menemukan tema blog favorit Ala Teh Manis. Hehe... Kalau aku ditanya apa tema favorit buat ngeblog, jawabannya adalah all about craft, karena aku rasa di situ passionku. Meski blog sebelah belum update juga sampai sekarang karena sibuk sama si baby, tapi InsyaAllah blog itu bakal tetap eksis karena tangan ini selalu gatel pengen nyobain sesuatu yang baru. :D

0 komentar: