5 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

18.44 Anis Lotus 0 Comments


Ketika Kuliah, banyak orang yang mengira saya masih SMA, bahkan ada yang mengira saya masih SMP. Setelah lulus kuliah dan bekerja, banyak orang yang mengira saya masih kuliah, dikira masih semester awal pula. Setelah menikah dan melahirkan, saya kira dugaan itu tidak akan terjadi lagi. Ternyata tidak, saya terkejut ketika ada seorang ibu yang mengira saya menikah muda dan masih umur 20an. Padahal nikahnya umur 27 tahun dan punya anak umur 28 tahun. Termasuk tua untuk ukuran orang Indonesia.

Ada faktor yang saya duga berperan besar menjadi penyebab semua ini. Karena saya orangnya kecil dan memiliki hidung pesek. Ya, mungkin karena itu. Tapi itu alasan yang sangat tidak logis ya? Haha. Jadi saya mencoba mencari alasan logisnya, akhirnya saya menyadari kebiasaan-kebiasaan yang sering saya lakukan berikut ini:

1. Hindari Stress Berlebihan

Saya rasa memiliki sifat cuek dan masa bodoh itu ada untungnya juga. Kita menjadi tidak mudah stress karena tidak terlalu memikikan masalah secara berlebihan. Buat batas waktu untuk memikirkan masalah yang kita hadapi, lakukan dan selesaikan. Jangan sampai permasalahan tersebut kita pikirkan berlarut-larut sampai tidak bisa tidur. Masalah adalah bagian dari hidup, maka berdamailah dengannya, sayangi diri kita.

Alhamdulillah selama ini saya tidak pernah tidak bisa tidur karena memikirkan masalah. Yang harus diingat adalah, kita lebih besar dari masalah, jangan dibalik! Satu hal yang lebih penting dari segalanya adalah, agar kita selalu mengingat Tuhan. Dengan selalu mengingat-Nya maka hati akan selalu tenang dalam menghadapi berbagai masalah.

2. Banyak Minum Air Putih

Banyak yang bilang minum air putih bisa bembuat kita jadi awet muda. Entah benar atau tidak, tapi saya melakukan itu. Bukan untuk awet muda, tapi semata-mata untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah sembelit.

Ya, sejak SMP saya memiliki penyakit kambuhan yang menyiksa yaitu sembelit yang akhirnya menimbulkan wasir. Karena kapok dengan sakitnya, akhirnya saya berupaya untuk mencegah penyakit itu datang kembali. Efek lain yang saya rasakan selain mencegah sembelit adalah, tubuh menjadi lebih segar dan konsentrasi terjaga. Nggak percaya? Coba saja rutinkan minum air putih minimal delapan gelas sehari!

3. Olahraga Seminggu Dua kali

So guys, dulu itu saya rajin olahraga. Olahraga yang saya lakukan ada dua macam, yaitu lompat tali dan cardio dance, masing-masing dilakukan selama 30 menit. Dampak olahraga ini sangat terasa untuk kebugaran tubuh. Tidak hanya tubuh, tapi otak juga fresh setelah berolahraga.

Setelah menikah dan melahirkan, saya jadi kelimpungan mengatur waktu. Saya belum bisa menyediakan waktu untuk olahraga karena si anak bayik masih bergantung kaya anak koala, padahal harus menurunkan berat badan 10 kg untuk kembali seperti semula. hmmm

4. Makan Buah

Niat awal dari makan buah ini sebenarnya sama dengan minum air putih, yaitu menghindari sembelit. Buah yang saya konsumsi setiap hari adalah pepaya. Ternyata pepaya tidak hanya bermanfaat melancarkan pencernaan, tapi kabarnya juga berguna sebagai detoks alami tubuh. Banyak makan buah juga membuat kulit terasa lebih sehat dan segar.

5. Tidur yang Cukup

Nah, ini penting! Tidur yang cukup akan membantu mengistirahatkan seluruh organ tubuh yang lelah. Ketika tidur kita cukup dan berkualitas, maka tubuh kita akan segar dan bugar. Sering begadang selain tidak baik untuk kesehatan, bisa bikin cepat tua loh! Maka dari itu jangan keseringan begadang guys! Tips dari saya, redupkan lampu ketika tidur untuk menciptakan tidur yang berkualitas.

Itulah 5 cara hidup sehat dan awet muda ala saya. Semoga bermanfaat ya gaaeess!

0 komentar: