Antisipasi Kulit Kering Bersisik dengan Cara Ini!

14.09 Anis lotus 0 Comments

pixabay.com

Sudah memasuki musim kemarau nih guys! Cuaca di malang lagi dingin banget, gimana di kotamu?

Cuaca dingin bisa bikin kulit kering bersisik ya, seperti kulit saya baru-baru ini. Makanya, sebelum berlanjut menjadi masalah kulit yang lebih parah, saya antisipasi dengan cara-cara berikut ini:

1. Gunakan toner

Setelah mencuci muka, katanya PH kulit wajah kita perlu diseimbangkan lagi guys. Nah, caranya adalah dengan pemakaian toner. Toner dibagi menjadi dua macam, yaitu toner exfoliating dan hydrating.  Toner exfoliating gunanya untung mengangkat sel kulit mati di wajah. Tonner ini perannya sangat penting untuk menghindari kulit kusam. Pilih tonner exfoliating yang cocok di kulitmu, kalau bisa yang sekaligus melembabkan juga ya guys! 

Kalau toner hydrating, gunanya untuk mengembalikan kelembapan kulit. Nah, ini penting banget, apalagi untuk kulit kering bersisik. Tonner ini dipakai setelah tonner exfoliating, agar kulit kita calm dan lembab tentunya.

2. Serum

Salah satu fungsi serum adalah melembabkan kulit wajah. Biasanya penggunaan serum ini di malam hari agar meresap maksimal. Kalau saya biasanya sebelum tidur, setelah cuci muka. Tekstur serum biasanya cair dan sangat mudah meresap di kulit.

3. Pilih Pelembab yang Sesuai

Pelembab biasanya dipakai setelah pemakaian toner dan serum (kalau kamu punya serum). Pelembab fungsi utamanya adalah melembabkan kulit, tapi ternyata selain itu dia juga sebagai pengunci nutrisi-nutrisi dari skin care yang sudah masuk ke dalam kulit kita. Maka dari itu, pemakaian pelembab sebaiknya di urutan terakhir.

Pelembab antara kulit kering, berminyak ataupun normal itu berbeda ya guys. Contohnya seperti saya yang memiliki kulit cenderung berminyak, pelembab yang saya pakai tekaturnya gel karena mudah diserap kulit dan tidak membuat wajah tambah berminyak. Kalau kulit kering mungkin akan lebih cocok menggunakan pelembab yang teksturnya krim, karena akan lebih melembabkan. Soal merk, tergantung kulitnya cocok pakai merk apa ya...

4. Masker

Untuk mengusir kulit kering bersisik, pemakaian masker juga sangat diperlukan. Pilih masker dengan bahan dasar yang dapat melembabkan kulit, seperti pepaya, yogurt, aloe vera, dan lain sebagainya. Hindari bahan masker dengan vitamin C tinggi, karena biasanya akan membuat kulit lebih kering. Untuk bahan masker, bisa dari bahan-bahan alami atau pun masker pabrikan yang lebih praktis tinggal pakai. Biasanya masker wajah digunakan 2 kali seminggu.

Nah, itu dia cara mengantisipasi kulit kering bersisik ala saya. Ini semua saya tulis berdasarkan pengalaman saya. Kalau kalian gimana guys? Sama atau punya cara lain yang lebih detail lagi langkah-langkahnya agar kulit tidak kering bersisik?

0 komentar: