Resep Menu Andalan, Soto Ayam!

00.14 Anis lotus 0 Comments

Soto ayam adalah makanan favorit saya sejak kecil. Saya menganggap soto ayam adalah makanan istimewa karena dulu penyajiannya hanya kalau ada acara penting. Maklumlah, saya hidup di desa dan sehari-hari makan makanan rumah, jarang beli di warung.

Ibu saya masak soto ayam hanya untuk acara tertentu saja, seperti "selametan" misalnya. Jadi saya selalu menganggap masak soto itu istimewa dan ribet, harus di acara tertentu saja dan butuh waktu yang lama. Hanya orang yang pintar masak saja yang dapat membuatnya.

Pandangan saya tentang soto mulai berubah ketika saya main ke rumah tante dan kebetulan menu yang dimasak di rumah hari itu adalah soto. Saya kaget dong, "emang ada acara apa kok masak soto?"

Tante saya hanya tertawa, dia bilang "Emang masak soto harus ada acara? Gampang kali bikinnya". Oke saya lihat cara penyajiannya, ternyata ayamnya langsung dari kuah soto itu, tidak perlu disuir dan diberi toping macam-macam. Rasanya tidak sekuat soto buatan ibu saya, tapi lebih light. Meski begitu rasanya enak!

Setelah menikah, saya otomatis belajar masak dong... Suatu hari saya kepikiran mau masak soto seperti tante saya itu. Akhirnya saya tanya resepnya pada tante, dan langsung saya praktekkan. Saat soto pertama itu jadi, sata terharu. Ternyata saya bisa juga membuat soto. Ternyata membuat soto tidak se ribet yang saya kira. Akhirnya, sekarang soto menjadi menu andalan saya ketika malas masak macam-macam, karena makan dengan kuah sotonya saj sudah enak.

So, mau tau bumbu apa saja yang saya pakai untuk membuat soto? Langsung aja yuk kita masak!



500gr ayam

Bumbu halus

Bawang merah 6 buah
Bawang putih 4 siung
Jahe 1 cm

Bumbu lain

Sereh 2 batang
Daun jeruk 2 lembar
Garam gula 1 sdt
Lada bubuk 1/sdt
Kunyit bubuk 1/2 sdt
Bawang daun 1 batang iris kecil
Minyak 5 sdm
Air 700 ml

Cara Masak

Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, sereh dan daun jeruk, masak hingga harum.

Tambahkan garam, gula, lada, kunyit bubuk, aduk rata.

Masukkan air dan ayam, tunggu hingga mendidih. Biarkan selama 30 menit atau hingga ayam empuk.

Taburkan bawang daun.

Done!

Gampang kan? Kalau saya penyajiannya di rumah ya kuah soto itu saja dan ayam potong (tidak di suir). Kalau tidak malas saya akan membuat topingnya, yaitu wortel potong korek api yang direbus, kentang goreng, mihun dan bawang goreng. Jangan lupa sambalnya, yaitu cabai, kemiri dan garam. Dijamin lahap deh makannya.. 

Selamat mencoba!

Tonton videonya di sini guys!


0 komentar: