Cumi Hitam Pedas! Menu Buka Puasa Hari Pertama

15.22 Anis lotus 0 Comments


Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan. Bagaimana puasanya hari ini teman-teman? Semoga lancar yaa... Oh ya, buat ibu-ibu mau masak apa nih untuk buka puasa pertama?

Seminggu sebelum Ramadhan sebenarnya saya sudah mempersiapkan daftar menu untuk buka dan sahur. Pengecualian di hari pertama ini, saya bertanya dulu pada suami, "ingin dimasakin apa hari pertama puasa?". Jawabannya adalah, "Cumi Hitam Pedas". Oke Siaap!!

Alhamdulillah hari ini Pak sayur datang lebih pagi, jadi saya masih kebagian cumi, bumbu-bumbu dan bahan masak lainnya. Satu lagi yang saya syukuri adalah, hari pertama ini saya masih belum bisa ikut puasa karena "tamu bulanannya" masih belum pergi. Jadi masih bisa incip-incip masakan seperti biasanya. Hehehe

Well, langsung saja kita masak cumi hitam pedas nya yuk!

Bahan yang saya pakai adalah:

Cumi 500gr (cuci bersih dan potong berbentuk cincin, jangan buang kantung tintanya)

Bumbu diiris

Bawang Putih 4 siung
Bawang Merah 5 buah
Jahe 1 cm
Laos 2 cm
Cabe Merah 3 buah
Cabe rawit 30 buah (disesuaikan dengan kepedasan yang diinginkan)

Merica bubuk 1/2 sdt
Kunyit bubuk 1/2 sdt
Garam 1/2 sdt
Gula 1 sdt
Kaldu bubuk 1/2 sdt
Daun salam 2 lembar
Minyak goreng 5 sdm

Cara Masak

Masukkan bawang putih yang sudah diiris ke dalam minyak yang sudah dipanaskan, tunggu sampai harum dan agak kecoklatan pinggirnya.

Masukkan bawang merah, laos, jahe, daun salam, gongsong sebentar. Lalu masukkan cabe merah dan cabe rawit. Masak hingga cabe layu.

Setelah semua bahan masuk, masukkan merica, kunyit, garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata.

Setelah rata, masukkan cumi yang sudah dipotong. Tidak perlu diberi air karena biasanya cumi sudah mengandung air dan ada sisa air saat proses mencuci yang juga akan keluar waktu dimasak.

Masak hingga 4-6 menit, jangan lebih agar daging cumi tidak alot.

Selesai!

Selamat mecoba ya! Dijamin enak dan suami sukak! :D

0 komentar: