Resep Simple! Sop Ayam Andalan Untuk Si Picky Eaters

11.11 Anis lotus 0 Comments

Sop ayam ini saya beri pentol bakso juga

Mungkin urusan doyan dan nggak doyan makan anak itu sudah menjadi permasalahan umum ibu-ibu di dunia. Alhamdulillah saya pun diberi tantangan memiliki anak yang picky eaters. Anak saya ini maunya cuma makan nasi, dan paling anti sama ikan. Untungnya dia masih mau nyemilin tahu, tempe, dadar jagung, dan putih telor. Meski picky banget, ada satu menu yang tidak pernah ia tolak dan selalu makan dengan lahap, yaitu sop ayam.

Entah mengapa kalau menunya sop ayam, anak saya jarang sekali menolak.. Meski awalnya tidak mau makan ayamnya, lama kelamaan dilahap juga. Sungguh membahagiakan kalau melihat dia makan dengan lahap. Well, ini saya sharing resepnya ya Bu Ibu, siapa tau anaknya yang susah makan jadi mau makan dibikinin sop ayam dengan resep ini. Hehe

Sebetulnya, resepnya sama dengan sop ayam pada umumnya, tapi mungkin cara memasaknya yang sedikit berbeda. Okey, without any further ado, lat's chek this out!

Bahan

- Ayam 1/2 Kg
- Sayur-sayuran (wortel, buncis, kol atau sawi putis, sesuai selera)
- Bawang putih 4 siung (iris tipis)
- Bawang merah 5 siung (iris tipis)
- Jahe 1/2 cm (geprek)
- Daun bawang dan sledri (rajang)
- Garam 1 sdt
- Gula 1sdt
- Kaldu bubuk 1 sdt
- Merica 1/2 sdt
- air 1liter
- minya 4 sdm untuk menumis

Cara Memasak

- Cuci bersih ayam yang sudah dipotong sesuai selera, masukkan ke dalam panci dan isi dengan air sebanyak 1 liter. Masukkan sedikit garam, jahe, daun bawang dan sledri, rebus selama kurang lebih 30 menit atau sampai ayam benar-benar empuk.

- Tumis bawang putih dan bawang merah dengan 4 sdm minyak goreng, lalu masukkan ke dalam rebusan ayam.

- Masukkan sayur-sayuran dan tunggu sejenak hingga layu.

- Masukkan garam, gula, lada, kaldu bubuk, cicipi untuk koreksi rasa.

-Tunggu sampai sayuran matang.

Sop Ayam siap dihidangkan!

Untuk penyajiannya, saya siramkan kuah sop dengan nasi putih, sedangkan ayamnya yang sudah empuk saya suwir-suwir dan dicampur aduk dengan nasinya. Oh ya, makanan ini untuk anak 1 tahun ke atas ya... yang sudah makan makanan keluarga. Bila anak tidak terbiasa makan dengan bumbu merica, bisa dikurangi atau di skip. Selamat Mencoba!

0 komentar: