Resep Makanan Tinggi Zat Besi! Ampela Ati Ayam Masak Kecap

16.17 Anis lotus 0 Comments


Halo teman-teman, kali ini saya ingin berbagi resep ampela ati ayam masak kecap. Rasanya enak, apalagi kalau dimakan dengan nasi putih hangat, uwuuu.... Mantap! Oya, sebelumnya apa kalian tau kalau hati ayam ini memiliki nilai gizi yang tinggi, terutama kandungan zat besinya? Buat ibu-ibu yang memiliki anak bayi pasti tau ya, karena kebutuhan zat besi anak 6-12 bulan sampai 11g per hari loh!

Hati ayam per 28 gram mengandung 3,6 miligram zat besi, umlah ini lebih tinggi daripada daging sapi cincang yang 28 gram nya mengandung 0,8mg zat besi. Nah, jadi buat ibu-ibu yang lagi punya anak bayi tidak usah pusing untuk beli daging sapi yang harganya mahal demi memenuhi kebutuhan gizi anak. Memang penting juga sih, kalau lagi ada uang lebih boleh dong anaknya diberi daging sapi, tapi kalau lagi kanker alias kantong kering ya hati ayam saja sudah cukup. Hehehe

Daging sapi dan hati ayam merupakan contoh sumber makanan hewani yang mengandung zat besi. Bagaimana dengan sumber makanan nabati? Ada bayam yang menjadi juara kandungan zat besi terbanyak, tapi perlu teman-teman ketahui bahwa meski kandungan zat besinya tinggi, tubuh hanya bisa menyerap sebanyak3-8% saja.

Oke, sudah cukup informasi gizi tentang zat besinya... Yuk langsung saja masak ampela ati ayam kecapnya!

Bahan 1

-Rempela Hati Ayam 4-5 buah
-Asam jawa

Bahan 2

- Bawang putih 3 siung
- Bawang merah 4 siung
- Kemiri 3 buah
- Jahe 1cm
- Daun Jeruk 3 lembar
- Garam 1/2 sdt
- Gula 1 1/2 sdt
- Kecap Manis 2-3 sdm

Cara Memasak

- Rebus rempela hati ayam dengan asam jawa sekitar 15-20 menit, tujuannya untuk menghilangkan amis dan racun pada rempela hati.
- haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, dan jahe, tumis hingga harum. Jangan lupa untuk memasukkan daun jeruknya.
- Tambahkan garam, lalu gula dan kecap manis. Kecap manis harus menyentuh minyak agar dia caramelized. 
- Masukkan hati ayam, aduk hingga rata, lalu masukkan air secukupnya dan tunggu  hingga semua bumbu meresap ke dalam rempela hati ayam.
- Angkat masakan ketika air sudah menyusut.

Selamat Mencoba!

0 komentar: