Awas Artikel Kesehatan Ngawur! Buka SehatQ.com untuk Informasi Kesehatan Keluarga yang Terpercaya

16.49 Anis lotus 1 Comments


Pernah nggak sih, kalian membaca sebuah artikel kesehatan lalu melihat siapa penulisnya? Apakah penulis artikel tersebut memiliki latar belakang pendidikan kesehatan atau tidak?

Saya banyak menemukan artikel kesehatan yang penulisnya sama sekali tidak ada latar belakang di dunia kesehatan. Kebetulan saya adalah seorang sarjana kesehatan, jadi sedikit banyak saya paham mana artikel yang ngawur dengan yang dapat dipercaya.

Waktu itu saya sedang mencari informasi tentang menu MP-ASI untuk anak saya. Saya menemukan beberapa artikel di sosial media yang membahas tentang MP-ASI. Tulisan tersebut terlihat sangat meyakinkan seakan-akan ditulis oleh ahlinya, tapi ketika saya baca penulisnya bergelar sarjana ekonomi, saya langsung mempertanyakan valid atau tidaknya informasi tersebut. Ternyata benar, ketika saya mencari informasi lain yang ditulis oleh ahlinya, yaitu dokter spesialis anak, informasi yang ditulis oleh lulusan sarjana ekonomi tersebut sangatlah menyesatkan. Sungguh memprihatinkan, ketika artikel tersebut banyak dikomentari, disukai dan dibagikan oleh ribuan ibu-ibu yang tidak tau kebenaran dari informasi yang disampaikan.

Mulai dari situ saya sangat berhati-hati dalam mencari informasi kesehatan. Saya selalu cek siapa penulisnya, meski penulisnya seorang dokter pun saya tidak serta merta percaya karena terkadang pengetahuan dokter satu dengan dokter lainnya berbeda-beda. Jadi saya selalu mencari banyak referensi untuk memilih dan memilah informasi kesehatan yang tepat.

Mencari artikel seputar kesehatan bukanlah untuk mendiagnosis masalah kesehatan yang sedang saya hadapi, namun sekedar memperkaya pengetahuan agar tidak panik saat suatu permasalahan kesehatan terjadi, atau segera memeriksakan ke dokter ketika terjadi gejala-gejala yang mengkhawatirkan terkait kesehatan keluarga.

Untuk itulah, kita harus bijak dalam memilih platform kesehatan. Beruntung sekarang ada SehatQ.com yang menyediakan berbagai informasi kesehatan terpercaya. Gimana Enggak? Semua artikelnya ditulis oleh orang-orang dengan latar belakang pendidikan kesehatan yang kompeten, bukan orang sembarangan yang mengaku ahli. Untuk mencari artikel yang kita butuhkan juga sangat mudah, tinggal cari sesuai katagorinya, atau langsung ketik kata kunci informasi yang kita inginkan. Misalnya, saya yang mencari artikel tentang "Picky eater", langsung ketik dan search, muncul deh artikel yang berhubungan dengan picky eater.

Sejauh ini saya puas dengan informasi yang disajikan oleh SehatQ.com. Artikel-artikelnya sangat membantu saya dalam mengenal permasalahan kesehatan yang sedang keluarga saya alami. Selain artikel yang terpercaya, SehatQ.com juga menyediakan layanan konsultasi lewat chat dengan dokter secara langsung dan gratis! Tidak hanya itu, kita juga bisa booking dokter lewat SehatQ.com, jadi terhindar dari antrian panjang yang melelahkan.

Untuk mecari rumah sakit terdekat lengkap dengan rate reviewnya juga bisa. Menurut saya ini sangat menarik loh, dengan adanya rate review, kita bisa memilih rumah sakit mana yang terbaik berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke rumah sakit tersebut. Sayangnya, daftar rumah sakit yang tersedia cuma wilayah Jakarta dan sekitarnya saja. Semoga kedepannya platform SehatQ.com bisa memperluas cakupan booking dokter dan rumah sakitnya sampai ke Jawa Timur. Soalnya kece banget sih ini... Platform seperti ini menjadi sangat dibutuhkan di jaman serba internet seperti sekarang.

Well, itu tadi cerita saya. Bisa dibilang ini adalah cerita tentang menemukan solusi menghindari artikel kesehatan yang ngawur. Sebagai netijen budiman kita harus lebih smart dalam memilih dan memilah informasi ya! Semoga kita terhindar dari kebodohan dan tidak termakan artikel seperti itu, sehingga keluarga kita tetap terjaga kesehatannya. Amiin

1 komentar:

  1. Wah harus hati-hati ya dengan artikel kesehatan yang belum jelas informasinya. Bisa-bisa malah menyesatkan dan merugikan

    BalasHapus