Antara PT Freeport dan Bumi Papua

00.01 Anis lotus 0 Comments

https://ptfi.co.id/

PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah salah satu perusahan tambang terkemuka di dunia. Perusahaan ini dikelola oleh dua perusahaan yang saling bekerjasama yaitu Freeport-McMoRan (FCX) yang berpusat di Phoenix, Arizona Amerika Serikat dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Daerah pertambangan PT Freeport berada di Provinsi Papua Indonesia. Grasberg adalah area pertambangan PT Freeport yang merupakan tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga terbesar ke tiga di dunia.

Melihat besarnya perusahaan tambang ini, bisa dibayangkan bagaimana bumi Papua dieksplor sedemikian rupa untuk diambil kekayaan alamnya. Lalu apa yang masyarakat Papua dapatkan dengan adanya perusahan yang skalanya sudah mendunia ini?

https://ptfi.co.id/

Pada tahun 2019, Freeport-McMoRan yang merupakan perusahaan induk PTFI, masuk dalam urutan 91 dari rangking "The Just 100 Companies" menurut majalah Forbes dan organisasi Just Capital. Selain itu, Corporate Responsibility Magazine juga memasukkan Freeport-McMoRan dalam urutan 92 dari 100 Best Corporate Citizens.

Dua penghargaan tersebut membuktikan bahwa dunia telah mengakui PTFI sebagai perusahaan yang tidak hanya mencari keuntungan, tapi juga memperhatikan kesejahteraan pekerja, pelanggan, komunitas masyarakat, dan lingkungan.

Sejak beroperasi di tahun 1992, PTFI telah memberikan manfaat langsung senilai USD 15 miliar untuk masyarakat Indonesia. PTFI juga merupakan penyedia lapangan kerja terbesar di Papua dan perusahaan yang membayar pajak terbesar di Indonesia. Selain itu PTFI telah banyak melakukan program-program untuk lingkungan dan masyarakat setempat.

PTFI di Masyarakat Papua

Ada beberapa program yang diadakan PTFI untuk masyarakat, yakni menyumbangkan sebagian penghasilan ke Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), mengadakan pengembangan kapasitas masyarakat, berkontribusi dalam permasalahan kesehatan masyarakat, ekonomi, pembangunan infrastruktur sampai promosi budaya dan dukungan terhadap keagamaan.
https://ptfi.co.id/

Salah satu bukti nyata kontribusi PTFI terhadap masyarakat Papua adalah, pada tanggal 3 Mei 2019 Menteri Energi Sumber Daya Mineral meresmikan 19 fasilitas yang dibangun oleh LPMAK bersama PTFI. Dikutip dari website resmi PTFI, adapun sembilan fasilitas yang diresmikan oleh Menteri ESDM adalah di bidang Pendidikan, yakni Asrama dan Sekolah Taruna Papua, Asrama Solus Populi, Pusat Pelatihan Terpadu “Alkinemok Kamoree” (PPTAK), Gedung SD, SMP, dan Asrama Putri di Distrik Mimika Barat, Gedung SD, SMP, dan Rumah Guru di Distrik Mimika Timur Jauh, Gedung SD, SMP, dan Asrama di Kampung Beanegogom-Tsinga, Distrik Tembagapura.

Sementara di bidang kesehatan, Private Wing & Klinik BPJS Rumah Sakit Mitra Masyarakat. Sedangkan di bidang infrastruktur meliputi, Lapangan Terbang Ainggogin-Aroanop, Distrik Tembagapura dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (Microhydro) di Kampung Banti, Distrik Tembagapura.

PTFI terhadap lingkungan

PTFI mematuhi peraturan yang berlaku untuk menjaga kelestarian lingkungan. PTFI melakukan audit internal dan eksternal untuk terus mengevaluasi ketaatan perhadap peraturan dan dampak-dampak yang terjadi pada lingkungan.

Limbah yang paling banyak dihasilkan oleh PTFI adalah tailing. Tailing adalah sisa air dan bebatuan alamiah di permukaan tanah yang sangat halus setelah konsentrat terpisah dari bijih di pabrik pengolahan. Melalui proses pengolahan limbah yang berijin dan diawasi, tailing didaur ulang menjadi bahan campuran beton dan bahan utama dalam pembangunan infrastruktur Provinsi Papua.

https://ptfi.co.id/

Tidak hanya itu, PTFI juga melakukan reklamasi dan revegetasi lahan yang terganggu. Hingga akhir  tahun 2018, tercatat 378 hektar lahan terganggu sudah direklamasi dan lebih dari 180 spesies tanaman berhasil tumbuh dan hidup di lahan endapan tailing.

Demikianlah kontribusi PTFI terhadap masyarakan Indonesia, khususnya masyarakat dan bumi Papua. Harapannya ke depan, semoga PTFI terus meningkatkan mutu perusahaannya dan banyak menebar manfaat untuk lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Mengingat kini saham PTFI sebagian besar telah dimiliki oleh Indonesia, sudah semestinya memberikan lebih banyak kontribusi ke depannya untuk kemajuan bangsa dan negara.

0 komentar: